makalah matematika ,hubungan matematika dengan IT

MAKALAH MATEMATIKA
PENERAPAN KALKULUS,INTEGRAL DAN TURUNAN PADA DUNIA IT
Templat Word Roket Kartun


NAMA:NUNUT REJEKI OMPUSUNGGU
NIM:311610629
KELAS:TI.16.E.1

DOSEN:AGUS SUWARSONO
Daftar isi:
Penerapan Kalkulus dalam dinia IT            1-9
Penerapan integral dalam dunia IT            10-11
Penerapan turunan dalam dunia IT            12-18
Kesimpulan                                                      19









                                                                                                       I

1.PENERAPAN KALKULUS PADA DUNIA IT

Pengertian kalkulus dan teknik informatika

    Kalkulus berasal dari Bahasa Latin calculus yang artinya "batu kecil adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret tak terhingga. Kalkulus mempunyai aplikasi yang luas dalam bidang sains dan teknik dan digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks yang mana aljabar tidak cukup untuk menyelesaikannya.
Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari bagaimana logika-logika matematika yang digunakan pada sistem informasi. Perancangan desain informasi, pembuatan software, web design, dll merupakan hal yang menjadi bidang garap jurusan ini Kemampuan di bidang matematika akan sangat diperlukan dalam mendalami bidang informatika.
Teknik informatika dan matematika (kalkulus) hubungannya sangat erat. Dimana  yang dipelajari di teknik informatika adalah pembuatan software atau program yang di dalamanya di butuhkan perhitungan dan logika yang pasti. dalam pembuatan software menggunakan bilangan biner dan kode bilangan. dan juga dalam pembuatan program juga membutuhkan algoritma yaitu langkah-langkah sistematis dalam memecahkan suatau masalah. 

Adapun hubungan kalkulus dengan teknik informatika  atau  ilmu computer yaitu:

    Hubungan antara kalkulus dengan ilmu komputer. Komputer merupakan alat yang sebelumnya digunakan untuk menghitung atau sebagai kalkulator. Dengan adanya komputer tersebut, maka memudahkan untuk menyelesaikan masalah kalkulus/pekerjaan yang berhubungan dengan hitung-menghitung. Seiring dengan perkembangan zaman, komputer dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam berbagai bidang. Namun, dalam pemakaian komputer , seseorang harus mengerti ilmu dari komputer tersebut. Dengan adanya ilmu komputer, maka penggunaan aplikasi kalkulus dalam komputer dapat bekerja dengan baik dan benar.

                                                        1
Sesuai dengan pengertiannya, kalkulus adalah aplikasi yang luas dan digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks. Oleh karena itu,
dengan adanya komputer/teknologi yang semakin canggih, maka akan mempermudah dalam penyelesaiannya.Karena kalkulus sendiri adalah lanjutan dari matematika tepatnya gabungan ilmu fisika & matematika, gunanya ya itu melatih "logika" kita dalam berfikir, karena setiap masalah yg kita temui sehari2 khususnya di bidang teknik informatika sebenarnya bisa di selesaikan dengan logika penyederhanaan.



Manfaat Belajar kalkulus di bidang Teknik informatika yaitu:                                                                                                                                                                                                
Dalam bidang komputer grafis, kalkulus dipergunakan untuk ray-tracing dan teknik pencahayaan.
Dalam bidang robotik, kalkulus dipakai di AI.
·                     Dalam bidang teknik informatika kalkulus bagian limit di gunakan untuk membuat kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) yaitu kecerdasan    yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap        komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin           (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Misalnya yahoo Jika kita menjawab    kita langsung dapat dua point, trus jika jika kita dapat best answers otomatis dapat 10 point, terus ada

                                  
                                                              2
perhitungan sampai jawabannya 7 bulan yang lalu, dua menit yang lalu, karena gak mungkinkan manusia yang menghitungnya didalam source code dan database suatu website terdapat salah satunya yang bernama  limit.

Keterkaitan Kalkulus dalam Artificial Inteligence

(pembuatan game catur pada pc)
AI (Artificial Intelligence) merupakan suatu kecerdasan buatan dimana AI merupakan suatu percabangan dari ilmu komputer yang dalam mempresentasikan pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses inforasi bedasarkan metode heuristic atau dengan berdsarkan sejumlah aturan. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika. Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan

                                                              3
tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu

tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.


Logika Kalkulus dalam Artificial Inteligence
Penggunaan kalkulus pada Artificial Inteligence atau Kecerdasan Buatan adalah tentu saja dalam hal logika. Artificial Inteligence didasari oleh perhitungan-perhitungan yang bersifat logika.

Logika disebut juga sebagai “the calculus of computer science”. Logika, komputasi numerik dan matematika diskrit memiliki peran penting dalam ilmu komputer atau teknik informatika. Logika digunakan untuk memformalkan semantik bahasa pemrograman. Logika dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar untuk belajar bahasa pemrograman, kecerdasan buatan, sistem digital, basis data dan teori komputasi, sistem pakar dan lain sebagainya. Salah satu contoh yang sangat populer adalah sistem digital, yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika ntuk membuat gerbang logika dan arsitektur komputer sebagai inti dari mikroprosesor, otaknya komputer atau central processing unit.
Logika matematika adalah bidang ilmu dalam matematika yang memperdalam masalah logika, atau lebih tepatnya memperjelas logika dengan kaidah-kaidah matematika. Logika matematika sendiri juga terus berkembang, mulai dari logika proposisional, logika predikat, pemrograman logika, dan sebagainya. Perkembangan terakhir ilmu logika adalah logika fuzzy (fuzzy logic).

                                                          4

Kecerdasan buatan memerlukan logika fuzzy. Logika Fuzzy adalah metodologi pemecahan masalah dengan beribu – ribu aplikasi dalam
 pengendali yang tersimpan dan pemrosesan informasi. Logika Fuzzy menyediakan cara sederhana untuk menggambarkan kesimpulan pasti dari informasi yang ambigu, samar – samar, atau tidak tepat. Sedikit banyak, Logika Fuzzy menyerupai pembuatan keputusan pada manusia dengan kemampuannya untuk bekerja dari data yang ditafsirkan dan mencari solusi yang tepat.

Dikutip dari Wikipedia :
Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.
Konsep biner menggunakan angka 0 dan 1, komputer pada dasarnya hanya membaca kedua bilangan ini. Dalam mencari biner digunakan ilmu kalkulus, seperti matriks. Pada dasarnya Logika Fuzzy menggunakan konsep biner dan hampir sama dengan logika komputer pada umumnya, namun pada Logika Fuzzy terdapat derajat kebenaran. Hal inilah yang memungkinkan terbacanya kondisi yang ambigu, kadang-kadang, ataupun samar-samar , sedangkan pada logika biasa hanya ada kondisi benar atau salah.

Fuzzy logic adalah sangat berguna dalam membantu robot memutuskan apa yang harus dilakukan dengan input sensorik. Setiap jenis kontak akan memerlukan respon yang berbeda, tergantung pada sejumlah faktor.



                                                                     5


·                     Kalkulus bagian integral digunakan untuk pembuatan Ray tracing. Ray tracing adalah suatu metode untuk menghasilkan gambar yang dibuat dalam lingkungan komputer 3D. Cara kerjanya adalah dengan mengikuti jejak (tracing) suatu sinar (ray) dari suatu mata imajiner yang melalui sebuah pixel di layar virtual dan mengakumulasi kontribusi setiap sinar dalam scene di pixel tersebut. Setiap sinar yang berasal dari mata tersebut diperiksa apakah berpotongan/bertabrakan dengan objek-objek di dalam scene. Scene adalah kumpulan objek-objek dan sumber cahaya yang akan dilihat oleh pengamat. Setiap terjadi tabrakan antara sinar dan objek, warna pixel di-update, lalu tergantung dari jenis material objek dan algoritma yang dipakai, sinar tersebut dapat diteruskan atau dihilangkan.Dengan metode ray tracing ini, kita dapat membuat berbagai efek yang sulit atau bahkan tidak mungkin dengan metode lain. Diantara efek-efek tersebut adalah pemantulan, tembus cahaya, dan bayangan.  

               
·                     Fungsi linear adalah fungsi paling sederhana setelah fungsi konstan. Sebagai contoh:  f(x)=x,f(x)=3x+1,f(x)=5x+1. Fungsi linear lebih sederhana dari pada fungsi yang tidak linear sebab grafiknya berupa garis lurus. Aljabar linear adalah suatu bagian dari matematika yang mempelajari ruang vektor, beserta komponen-komponennya seperti Basis, Sistem Koordinat, dan Tranformasi (Fungsi) Linear antar 2 (dua) ruang  vektor yaitu pengawanan yang mengawetkan (preserve) hasil oprasi. Aplikasi dalam bidang Teknik Informatika yaitu dalam Sistem Jaringan.





                                                                      6

·                     kalkulus dalam ilmu komputer adalah digunakan untuk mencari bilangan biner, karena komputer membaca data dalam bentuk bilangan biner. Pada bidang teknik penggunaan turunan dapat membantu programmer dalam pembuatan aplikasi dari  mesin-mesin yang handal. Contohnya: Para Engineer dalam membuat/mendesain mesin–mesin pesawat terbang.
·                     Kalkulus defferensial dalam teknik informatika digunakan pada pemrograman komputer.Teknologi informasi menyediakan akses informasi yang dapat secara langsung mendukung pelaksanaan kegiatan proses belajar dan mengajar. Pemrograman web pada teknologi informasi menggunakan ilmu logika, perhitungan, bilangan biner, aritmatika, sistem bilangan, integral dan masih banyak yang dimanfaatkan untuk keperluan di bidang teknologi informasi. Banyaknya peranan dari kalkulus terhadap teknologi informasi menjadikan ilmu komputer suatu disiplin ilmu yang baru dengan berbagai ilmu di dalamnya seperti algoritma, aljabar boolean, matematika diskrit maupun statistika. Teknologi yang berkembang saat ini menunjukkan bahwa telah banyak penerapan dari matematika dan kalkulus dalam pengembangan ilmu di bidang lain. Salah satu contoh penerapan ilmu komputer yang digunakan untuk pengembangan di berbagai bidang adalah Persamaan Diferensial Elementer. Persamaan Diferensial Elementer membahas mengenai bagaimana persamaan diferensial digunakan atau dimanfaatkan dalam memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari khususnya di bidang teknik informatika.




                                                                           7

 

Hubungan Kalkulus dengan Teknik Informatika

 

  Teknik informatika dan matematika atau kalkulus sangat erat hubungannya. Karena inti dasar teknik informatika adalah pembuatan software dan di dalam pembuatannya itu membutuhkan perhitungan dan logika yang pasti. Oleh karena itu, matematika sangat penting dalam rangka sebagai dasar dan pengembangan dalam majunya teknik informatika khususnya pembuatan software. Dalam pembuatan software tersebut menggunakan sistem bilangan biner dan kode bilangan. Semua disusun dengan urutan tertentu sehingga menghasilkan suatu software yang dapat diguanakan untuk mempermudah aktivitas kita. Disamping itu, untuk membuat suatu pemrograman di komputer, kita harus menggunakan algoritma. Algoritma itu sendiri adalah langkah sistematis yang mengikuti kaidah logika.

 

Beberapa contoh penerapan Logika matematika dalam teknologi informasi dan computer antara lain :

Penerapan pada sistem digital yang didasari oleh logika matematika untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan arsitektur komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau central processing unit. Logika matematika (mathematical logic) adalah cabang ilmu di bidang matematika yang memperdalam masalah logika, atau lebih tepatnya memperjelas logika dengan kaidah-kaidah matematika.

Perkembangan terakhir ilmu logika adalah logika fuzzy, atau di Indonesia disebut logika kabur atau logika samar. Implementasi logika fuzzy dapat ditemui pada pengatur suhu udara (AC), mesin pencuci, kulkas, dan yang lainnya.

                                                                   8

Logika Metematika memiliki peran penting dalam bidang elektronika dan computer semisal dalam pembuatan PLC (Programmable Logic Controller)

yang merupakan suatu unit khusus dibuat untuk pengontrol berbasis mikroprosesor yang memanfaatkan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi – instruksi dan untuk mengimplementasikan fungsi–fungsi semisal logika, sequencing, pewaktu (Timing), pencacahan (counting) dan aritmatika guna untuk mengontrol mesin – mesin dalam industri

Penerapan logika matematika dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan lainlainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Salah satu contoh yang populer adalah sistem digital, yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan arsitektur komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau central processing unit. Logika Informatika didalam ilmu teknologi informasi berperan sangan penting dan hampir selalu kita temui dalam pengembangan Hardware maupun Software. Contohnya Dalam pengembangan di bidang software, Hampir setiap bahasa pemrograman menggunakan dan menerapkan prinsip-prinsip logika. Oleh karena itu logika informatika bagi dunia Teknologi Informasi merupakan dasar-dasar bagaimana sebuah Hardware atau Software itu dibuat.


Sumber: http://kalkulus2riqastha.blogspot.co.id/





                                                                          9

2.penerapan Integral Dalam dunia IT

Intergral merupakan salah satu bab dalam mata kuliah kalkulus, dimana integral dalam dunia Informatika tidak hanya sebagai sebuah omong kosong yang dipelajari. Ternyata Integral mempunyai suatu menfaat untuk dipelajari, khususnya dalam dunia Informatika. Penggunaan Integral ternyata terpakai dalam Arificial Inteligen (AI). Dimana AI merupakan suatu kecerdasan buatan yang semua tingkah lakunya telah diprogram sebelumnya agar dapat bergerak sesuai dengan keinginan. Lainnya dipakai juga dalam komputer grafis, yang mana digunakan dalam teknik pencahayaan (ray tracing). Juga contoh lainnya adalah metode numerik.

Berikut contoh implentasi Integral dalam dunia Informatika

AI (Artificial Intelligence)

 

Dalam AI dikenal dengan istilah logika fuzzy, dimana logika fuzzy adalah penungkatan dari logika boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Dan dalam logika klasik segala hal dapat diekspresikan dalam biner (o dan 1, hitam atau putih, ya atau tidak) logika fuzzy ini menggantikan tabel kebenaran.

Contoh aplikasinya adalah pengatur putaran kipas dalam suatu ruangan.

Contoh tersebut menggunakan sistem kontrol yang dibuat dengan logika fuzzy, hal ini yang mempu mengendalikan suatu alat sehingga dapat beroperasi sesuai dengan kondisi yang diinginkan

2.        Ray Tracing

Contoh aplikasi 3d Max solusi dalam render radiosity

Aplikasi ini merupakan cara termudah untuk teknik iluminasi global. Teknik ini yang paling cocok untuk tugas visualisasi sesuai dengan yang diinginkan. Aplikasi ini meningkatkan kualitas gambar dan menghasilkan gambar yang lebih akurat fotometrik simulasi pencahayaan dalam.

                                                                    10

3.     Metode Numerik

Metode ini meruakan metode dimana hasil akhr dari sebuah penghitungan adalah angka. Jika dibandingkan dengan metode analitik hasil akhir dari metode analitk ini hanya berupa sebuah funsi yang masih belum jelas hasilnya penghitungannya

Contoh:

 I = 1,1(4 -x2) dx = [ 4x - x3/3] 1,1

= {4(1) - (1)/3} - {4(-1) - (-1)/3} = 22/3

Jika gunakan metode analitik maka hasil akhirnya hanya berupa 4x - x3/3

Namun jika dikerjakan dengan menggunakan metode numerik maka hasilnya adalah 22/3,nilai numerik tersebut didapat dengan mengevaluasi batas-batas pada fungsi.

Sumber
www.hilangjejak.blogspot.co.id

 

 

 

 

 

 

 

 

                                        11

3.penerapan Turunan dalam dunia IT

1.   Konsep Dasar Turunan
            Materi turunan yang padat dan cenderung rumit menuntut adanya penyampaian konsep turunan yang sederhana tapi tidak mengurangi isi serta tetap menarik bagi siswa. Sebelum kita mengerti konsep turunan, hal pertama yang harus dikenali adalah konsep limit. Limit atau batasan dapat dinyatakan sebagai deret suatu nilai fungsi yang bersifat kontinu. Hubungan antara limit dan turunan dapat dinyatakan dalam bentuk :
dimana y= f(x) merupakan suatu fungsi variable x, sehingga
ada dan terbatas, maka limit tersebut disebut sebagai turunan atau derivative dari y terhadap x dan f(x) dikatakan fungsi dari x yang dapat diturunkan (differentiable).
          Dengan pengertian limit untuk ,maka diperoleh turunan:
                                                       12
1…………………………………………………n = 1
          2x..………………………………………………n = 2
          3x2………………………………………………n = 3
          n xn-1……………………………………………n > 3
dengan y= x n, n bilangan bulat positif, makan xn-1.
          Konsep dasar turunan di atas tentunya dapat dijabarkan ke dalam banyak bentuk sesuai pengembangan dan permasalahan matematika yang ada. Salah satu pengembangan konsep turunan adalah aplikasi turunan.
2.   Aplikasi Turunan dan Penerapannya
Aplikasi turunan yang dipelajari di kelas XI SMA adalah mencari nilai maksimum dan minimum dari suatu fungsi dan menentukan fungsi turunan dari model matematika yang ada. Selain itu, ada beberapaa aplikasi turunan yang sebenarnya menarik untuk dipelajari kegunaannya,terutama dalam kehidupan
                                           13
sehari-hari, seperti penerapan dalam prinsip kerja roket dan konsep turunan dibalik pelangi.
Turunan dibalik peristiwa pelangi didasari oleh konsep aljabar dan hubungannya dengan geometri serta prinsip jalannya cahaya ke medium dan hukum Snellius. Melalui konsep yang mendasari peristiwa pelangi kita dapat membuat kesan turunan itu menarik karena diperoleh suatu pembuktian sudut pandang mata terhadap pelangi sebesar 42◦.
          Pada pembuatan roket sederhana, kita tidak hanya berfokus pada turunan, tapi juga konsep fisika tekanan fluida dan memiliki unsur aerodinamis. Hal tersebut diperlukan untuk menunjang berhasil tidaknya luncuran roket dan kemungkinan hambatan angina pada saat diluncurkan. Selain itu, kedua konsep fisika tersebut memengaruhi kita dalam menentukan tinggi maksimum yang mampu ditempuh roket melalui persamaan nilai maksimum yang telah ditentukan.
          Sekarang kita bahas bagaimana teori abstrak dapat menghubungkan konsep nilai maksimum dengan ketinggian yang dicapai roket. Sebagai contoh:
                                                       14
Diketahui sebuah roket air diluncurkan dari tanah dalam waktu t. keadaan roket dalam selang waktu t dapat kita nyatakan dengan persamaan S(t) = 3t3 -3t2+ t + 2 ,dengan S dalam meter dan t detik. Tentukan titik maksimum yang dicapai oleh roket tersebut.
Persoalan diatas dapat kita selesaikan dengan menggunakan konsep titik stasioner. Kita dapat menurunkan persamaan tersebut menjadi 2- 6t + 1. Kemudian S’ dapat kita faktorkan sehingga S’(t) = (3t - 1) (3t – 1) . Syarat dari titik stasioner S’(t) = 0, dapat disimpulkan bila titik tertinggi roket terjadi pada saat t bernilai detik. Waktu tersebut kita substitusikan ke persamaan awal sehingga:

Dari penyelesaian persoalan diatas, didapatkan bahwa ketinggian maksimum yang

                                                            15
dapat dicapai roket tersebut adalah 2,11 m. Secara riil, kita dapat menerapkan persamaan tersebut dengan roket air sederhana.


3.Pembuatan Roket Air
          Pembuatan roket air menggunakan bahan-bahan bekas daur ulang seperti botol air mineral 1,5 liter, karton atau kardus, lem dan klep bekas. Sedangkan untuk lintasan peluncur kita dapat membuatnya secara sederhana dengan selang air, pipa paralon berdiameter sama dengan selang(diameter 2cm), dan pompa angin. Perlu diingatkan kembali, untuk mendapatkan roket dengan tinggi dan jarak luncur maksimum, kita harus memperhatikan prinsip aerodinamis terhadap bentuknya. Pada bagian ujung depan roket harus kita buat mengerucut agar mengurangi dampak dari gesekan angina terhadap roket yang dapat menghambat laju roket. Kita juga dapat menambahkan sirip kecil pada bagian belakang roket untuk menyeimbangkan laju roket di udara.
                                                             16
didi.jpgPemacu roket dibuat pada mulut botol air mineral dengan modifikasi sederhana klep sepeda bekas yang disatukan rapat dengan tutup botol sehingga kedap udara. Cara meluncurkan roket tersebut adalah dengan memasang mulut roket ke pipa peluncur yang telah dihubungkan dengan selang dan pompa air seperti pada gambar. Sebelumnya, dalam roket kita isi air secukupnya. Kemudian secepat mungkin kita memompa angin sebelum air tersebut keluar dari mulut klep. Ketika seisi roket dipenuhi udara maka roket akan meluncur ke arah yang sudah ditentukan.
Roket diluncurkan di lapangan minimal berukuran panjang 10 m. Pada saat roket diluncurkan siswa diinstruksi untuk menghitung jarak tempuh dan ketinggian maksimum roket. Arah peluncur roket dibuat sedemikian rupa agar hasil penghitungan dan konkretnya sama.

4.Pandangan Siswa Terhadap Pelajaran Turunan

Pelajarn turunan dan aplikasinya sangat penting bagi siswa SMA sebagai konsep dasar untuk mempelajari kalkulus pada jenjang universitas. Berdasarkan konsep dasar turunan dan hubungannya dengan penyampaian materi aplikasinya, dilakukan

                                                                17

penelitian terhadap 20 siswa kelas XI SMA mengenai tanggapan mereka tentang pelajaran ini. Hasilnya, sebagian dari responden memiliki masalah dengan pelajaran turunan karena cara penyampaian materi guru. Sisa dari responden lain memiliki metode tersendiri untuk mengerti materi turunan. Sementara itu, setelah dikenalkan dengan konsep turunan dalam roket air sederhana, para siswa lebih tertarik untuk menemukan cara baru dan mudah untuk menyatakan konsep matematika ke aplikasi sederhana lain. Secara aplikatif dan berdasarkan pengamatan yang dilakukan, disimpulkan  bahwa penerapan konsep turunan dalam pembelajaran turunan menggunakan pembuatan roket sederhana mampu menarik minat siswa dalam

belajar matematika

 

 

 

 

 

 

SUMBER:  https://ahmadzulfakar.files.wordpress.com/2013/06/pengaruh-penerapan-aplikasi-turunan-pembuatan-roket-sederhana-didi.doc.

 

 

                                                            

                                                               18

 

 

KESIMPULAN:

1.Penerapan Kalkulus dalam dinia IT untuk     pemograman computer dan robotik 
        
2.Penerapan integral dalam dunia IT

aplikasi 3d Max solusi dalam render radiosity pengaturan putaran kipas angin

      
3.Penerapan Turunan dalam dunia IT
     Pembuatan atau peluncuran roket

 

 


                                                           19

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN PRESENT PERFECT TENSE DENGAN SIMPLE PAST TENSE

DAILY ACTIVITY